Hari Ini

PHP Speedy

Update 27 Juli 2008 at 10.47. Dalam topik Tips Dan Trik
Advertise Here

Jika mempunyai website atau blog dimana komponen javascript dan css cukup dominan, silahkan mencoba PHP Speedy. PHP Speedy merupakan PHP script yang dapat digunakan untuk mempercepat waktu loading website dengan menggabungkan dan mengkompresi file-file Java Script dan CSS sebelum dikirim ke browser pengakses sehingga waktu download untuk komponen-komponen tersebut dapat lebih cepat yang seharusnya berimplikasi pada makin cepatnya waktu loading website.

Hasil test yang ada di websitenya menunjukkan halaman web 271 KB dengan memerlukan 14 request dan waktu 4,44 detik. Setelah menggunakan PHP Speedy, besar halaman web menjadi 49 KB dengan hanya 4 request dan waktu loading yang diperlukan 1,1 detik. Halaman yang dijadikan ujicoba tersebut memang banyak didominasi Java Script. Untuk halaman web yang minim Java Script dan CSS perubahannya tidak terlalu signifikan seperti hasil test pada websitenya, misalnya untuk salah satu halaman web blog ini yang saya coba, sebelum menggunakan PHP Speedy, besarnya 81 KB dan sesudahnya menjadi 64 KB, jumlah request hanya berkurang dua karena memang hanya ada penggabungan tiga file javascript menjadi satu. Ini saya lakukan dengan setting default.

Instalasi PHP Speedy sendiri dapat dibilang mudah. Setelah mengekstrak pada di direktori web, selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi, menentukan settingnya, dan pada tahap ketiga akan diberikan baris kode php yang harus ditambahkan pada awal script dan akhir script file PHP website yang akan dipercepat. Untuk pengguna Wordpress baris kode ini ditambahkan pada awal dan akhir file-file dalam folder theme yang digunakan seperti index.php, page.php, dan lainnya.

>>via Download Squad<<

Advertise Here

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

2 Komentar untuk "PHP Speedy"
Anonimmengatakan...
11 Oktober 2008 pukul 03.24

Pak Raden,

Pas ke TKP terminal exntension Joomla.. ada 2 review user yang agak minus jadi gag berani nih nyobainnya..


Anonimmengatakan...
2 Desember 2008 pukul 04.47

pak raiden,
bisa tolong d jelasin cara pakainya ga?
soalnya saya masi newbie masalah php.