Hari Ini

Motor Kanzen Hybrid Pertama di Indonesia

Update 03 Januari 2009 at 10.01. Dalam topik Informasi
Advertise Here

JAKARTA - Dengan alasan polusi udara yang semakin parah dan tidak menentunya harga bahan bakar minyak saat ini, PT Inti Kanzen Motor (IKM) berharap dapat segera merilis Kanzen Hybrid ke pasar.

Saat ini konsep motor Kanzen Hybrid sudah rampung sekitar 80 persen. "Kami harus menyosialisasikan dengan segera. Soal performa, Kanzen Hybrid tidak kalah dengan motor berbahan bakar bensin," kata Iwa Adidharma, Chief Engineer Product Development Division IKM, di Jakarta.

Kanzen Hybrid menggunakan bahan bakar gas dan bensin. Memanfaatkan basis mesin dan rangka Kanzen Ultima, rangka Kanzen Hybrid dibuat lebih kuat guna dijadikan tempat tabung gas yang akan menjadi bahan bakar motor tersebut. Rangka yang menahan guncangan tabung gas diperkuat supaya tetap aman.

Tabung yang digunakan mirip tabung gas 3 kg keluaran Pertamina. Bedanya tabung tersebut ditambah konverter di dekat tangki gas dan perangkat tambahan di karburator. Tabung ini sejatinya dapat digunakan hingga 250 km sebelum diisi ulang kembali.

Gas yang digunakan yakni Liquid Petroleum Gas (LPG) seperti yang biasa digunakan di dapur rumah tangga. Karburator dilengkapi perangkat khusus agar bisa mengabutkan gas LPG. Perangkat ini pun sudah dipatenkan oleh Kanzen.

Lantas bagaimana jika gas habis? Secara otomatis micro elektronic control unit (ECU) akan memerintahkan klep bensin untuk membuka. Demikian pula jika bensin habis dan berganti gas, piranti itu akan berpindah secara otomatis.
(sindo//ton) okezone.com

Advertise Here

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Motor Kanzen Hybrid Pertama di Indonesia"